Selasa, 13 Juli 2010

Demam Chikungunya ( Chik )

Demam Chikungunya ( Demam Chik ) merupakan suatu penyakit menular akut dengan gejala deman, nyeri pada persendian terutama pada sendi lutut, pergelangan tangan dan kaki, tulang belakang yang disertai ruam ( kumpilan bintik-bintik kemerahan ) pada kulit.

Demam Chik disebabkan oleh virus Chikungunya yang termasuk pada kelompok Alphavirus, familo Togaviridae. Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang juga merupakan nyamuk penular penyakit deman berdarah.


Demam Chik sering dijumpai terutama di daerah tropis dan sering menyebabkan epidemi dalam interval tertentu(5-10 Tahun). Umumnya di daerah padat penduduk, mobilitas penduduk yang tinggi, curah hujan yang tinggi dah banyak tempat-tempat yang memungkinkan berkembangan biaknya nyamuk penular seperti : Tempat-tempat Penampungan Air(TPA).

Demam Chik sering terjadi pada musim penghujan dan dapat terlular kepada semua orang. Demam Chik terjadi bila penderita yang sakit (dalam keadaan viremai) digigit oleh nyamuk penular kemudian, nyamuk tersebut menggigit orang lain. Biasanya tidak terjadi penularan dari orang ke orang. Penyakit ini biasanya berlangsung selama beberapa hari kemudian sembuh sendiri dengan masa inkubasi 1-12 hari ( Umumnya 2-4 hari ).

Sedangkan untuk pengobatanya sama seperti halnya DBD, obat terhadap virus penyebabnya belum ada. Obat yang diberikan hanya bersifat simptomatis, misalnya obat penurun panas atau anti nyeri sendi, minum yang banyak dan istirahat yang cukup. Demam Chik dapat sembuh dengan sendirinya, setelah 1-2 minggu.

0 komentar: