Senin, 12 Juli 2010

Sanggar Sakapua Siriah Yang Berprestasi

Group Randai Sakapua Siriah yang di dirikan pada Januari 1999, oleh M. Rasyid St Mangkuto. Telah membuktikan kemampuannya terhadap Seni Budaya Minang Kabau. Hal ini di buktikan dengan berbagai prestasi yang di dapat, selama Randai ( Sanggar ) ini di bentuk.

Menonjolnya perstasi yang didapat terlihat jelas, saat penggantian ketua Randai( Sanggar ) oleh N. Khatib Sampono. Di mulai dari Bulan Februari 2008, saat mendapatkan Penghargaan Pemanpilan Terbaik, yang di berikan langsung oleh Gubenur Sumatera Barat Gamawan Fauzi (pada saat itu) dan Ketua Umum Pekan Budaya Prof. Dr. Ir. H. James Hellyward, MS ( Ka dinas Butpar Sumbar ) saat mewakili Kabupaten Agam untuk mengikuti Pekan Budaya Propinsi Sesumatera Barat. Di undang kejakarta untuk memeriahkan HUT RI ke 63, tampil di Istana Presiden. November 2008 mengisi acara Pedati Nusantara ke VIII, 2008 dan dapat penghargaan dari Walikota Bukittinggi Drs. H. Djufri.


Pada bulan November 2008, group randai sakapua siriah mengganti nama menjadi Sanggar Kesenian Minang Sakapua Siriah, karena sesuai dengan tuntutan telah di tingkatkan berbagai kemampuan diantarannya tari silek galombang, tari piriang, pasambahan adat dan mematangkan legenda cerita lareh simawang yang dikuasai oleh sanggar ini. Dengan jumlah Anggota 25 orang, 21 laki laki dan 4 perempuan, serta ditambah 5 orang sebagai rangtuo randai dan pengurus.

Pada 16 - 22 Mei 2010 lalu, Sanggar ini tampil lagi mewakili Kabupaten Agam dalam acara Festival Pekan Budaya Randai Tradisi. Dengan meraih Piagam Penghargaan Penampilan Terbaik Randai Tradisi, yang diberikan langsung oleh Gubenur Sumatera Barat Marlis Rahman dan Ketua Umum Pekan Budaya Prof. Dr. Ir. H. James Hellyward, MS ( Ka dinas Butpar Sumbar ).

Acara yang bibuka langsung oleh Jero Wacik (Menteri Budaya dan Pariwisata). Di ikuti oleh 18 Kabupaten dan Kota Sesumatera Barat. Dan Kabupaten Agam lah yang juara menjadi juara 1 dalam acara tersebut. Persaingan yang paling berat pada saat itu adalah Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok, Kabupaten 50 Kota dan Kabupaten Tanah Datar, ujar N Khatib Sampono( Ketua Sanggar Sakapua Sirih) kepada koran ini.

Dia berkata ” dalam waktu dekat ini, pada tanggal 17 juni akan di adakan alek syukuran Seni Budaya Tradisi Minang di Sasaran Sanggar ( randai ), di Padang Gadih, Jorong Koto Alam, Kampung Tangah, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. Dengan menghadirkan di antarannya Bupati agam, Kadis Budaya dan Pariwisata Kabupaten Agam, Kadis Dinas Pendidikan, Kepala Kesbang Pol Limmas Kabupaten Agam, Camat Sekabupaten Agam, Wali Nagari Sekecamatan Palembayan, Jorong Sekecamatan Palembayan, Bamus, KAN, Ketua / Pengurus Pemuda Nagari, Bundo Kanduang dan Ketua / Pengurus Group Randai Sekecamatan Palembayan.
Acara tersebut masih memerlukan bantuan dana dari berbagai pihak termasuk PT AMP Plantation sebagai Bapak Angkat dari Sanggar Kesenian Minang Sakapua Siriah”.(Doni)

0 komentar: