Rabu, 14 Juli 2010

Objek Wisata Jambatan Aka

Jembatan Aka adalah nama objek wisata alam yang terletak di Pulut - pulut, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jaraknya dari kota Padang kira - kira 80 Km ke arah selatan.

Jembatan yang satu ini sangatlah unik, tidak seperti jembatan lainya yang terbuat dari besi, kayu atau bambu. Jembatan ini terbuat dari akar pohon beringin yang dijalin sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah jembata yang dapat dilewati oleh manusia. Jembatan Aka menghubungkan dua desa yang berseberangan yakni Desa Pulut - Pulut Timur dengan Desa Lubuk Silau Barat. Dibawah jembatan mengalir sebuah sungai dengan air yang cukup dalam dan deras.


Konon jembatan ini dibuat pertama kali oleh seorang petani dari Desa Pulut - Pulut , yang bernama Pakih Sokan sekitar 100 tahun yang lalu, namun tidak diketahui secara pasti kapan tahun pembuatannya.

Pada awalnya jembatan ini dibuat dengan tujuan yang sangat sederhana yaitu untuk penghubung para petani ke desa seberang. Namun sekarang jembatan tersebut di jadikan sebagai salah satu objek wisata.

Oh ya selain Jembatan Aka, di sana juga terdapat aliran sungai yang jernih sekaligus dapat dijadikan sebagai tempat mandi - mandi, berenang dan makan atau bersantai - santai. Hamparan batu besar yang terdapat di tengah dan di pinggiran sungai serta udaranya yang sejuk dengan perpohonan rindang yang menghijau di lereng bukit sekitar lokasi menambahkan kenyamanan serta membangkitkan imajinasi para pengunjungnya.

Lokasi Jembatan Aka dapat dijangkau dengan mudah karena kendaraan roda empat bisa sampai ke Desa Pulut - Pulut, dengan masa tempuh sekitar dua setengah jam perjalanan dari kota padang, atau kira - kira 6 Km.

0 komentar: