Selasa, 13 Juli 2010

TB (Tuberkulasi) adalah penyakit menular berbahaya

TB disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Kuman ini tidak hanya menyerang paru - paru, tapi juga organ tubuh lainnya, seperti tulang sendi, usus, kelenjer limpa, selaput otak dan lain - lainnya. Jika di sekitar anda ada yang menderita batuk selama dua minggu lebih, mungkin itu Tiga B ( Bukan Batuk Biasa ).

Demam, batuk berdahak terus menerus 2 minggu atau lebih, berat badan dan nafsu makan turun drastis, berkeringat di malam hari tanpa melakukan kegiatan, nyeri dada dan sesak napas, dahak kelur bercampur darah merupak gejala - gejala TB selanjutnya.


Sedangakan TB menular melalui udara pada saat penderita TB yang belum berobat batuk atau bersin tanpa menutup mulutnya. Oleh karena itu, kita wajib : Menutup mulut saat batuk dan bersin, Membuang dahak ke lubang WC dah jangan di sembarang tempat.

Bagi dermawan yang mau membantu pasien TB agar sembuh caranya dengan mengajak siapa saja yang punya gejala TB untuk periksa ke Puskesmas/Rumah Sakit, mengingatkan penderita TB untuk berobat selama 6-8 bulan hingga dinyatakan sembuh oleh dokter.

Kemudian lawan Tiga B( Bukan Batuk Biasa ) dengan Tiga A = Anjurkan penderita segera di periksa, Awasi pengobatannya, Ajarkan hidup sehat tanpa TB.

0 komentar: